8/17/2009

Tips: Targetted Google Search

Apakah kalian tau bahwa pencarian Google (Google search) itu bisa ditargetkan ke suatu website tertentu ? Maksudnya, kita hanya mau agar hasil pencarian hanya mencakup halaman-halaman yang ada disuatu website dari keyword yang kita cari.

Cara ini sangat membantu khususnya untuk pencarian-pencari di web-web yang banyak sekali berisi percakapan / tanya jawab seperti di forum-forum. Apabila kita kesulitan menggunakan internal search yang ada disuatu website/forum, kita bisa mengakali pencarian dengan menggunakan Google search.



Caranya ?
1. Masuk ke google.com (ya jelas lah, masak ke haryDotCom ? :D hehehehe).

2. Masukkan keyword berikut : "site:[nama website yang anda ingin cari bahasannya]" (tanpa tanda petik ya) pada tempat search yang telah disediakan oleh Google.
contoh: mau melakukan pencarian topik di forum Travian.co.id, maka ketikkan: site:forum.travian.co.id

3. Masukkan keyword dari bahasan/topik yang sedang anda cari, misalkan anda mau mencari topik / thread mengenai crop lock, maka keyword keseluruhan dari langkah nomor 2 dan 3 akan menjadi : site:forum.travian.co.id "crop lock" seperti pada gambar berikut :


4. Kalau muncul halaman "Google Sorry" seperti pada gambar berikut, masukkan saja kode "Captcha" yang ditampilkan pada tempat yang disedikan dan tekan tombol "I'm Human".


Halaman Google Sorry ini dimaksudkan untuk penyaringan/memastikan bahwa yang melakukan pencarian ini bukanlah program komputer/bot, tetapi manual manusia :D

Semoga berhasil.

2 comments:

Anonymous said...

nice post...
terkadang, ketika kita mencari sesuatu..
kita "terperosok" dalam web2 ga penting seperti web penyedia search...
kalo kita klik hasil "search", tetep aja tampilan webnya.. kira2 bisa ga google mefilter keyword kita biar ga masuk web murahan seperti itu?

Hary on April 16, 2010 at 12:50 AM said...

Anonymous said...
kira2 bisa ga google mefilter keyword kita biar ga masuk web murahan seperti itu?

wew, susah manggilnya, masak namanya Anonymous ? :D Eniwei, thx 4 the visit.
Sepertinya Google tidak bisa exclude (membuang) web-web tertentu dari hasil pencariannya. Yang mungkin bisa dilakukan adalah memberikan keyword yang ga bole dicari.
Contoh jangan tampilan web yang mengandung kata "gratis", maka ketikkan "–gratis" (tanpa tanda petik tentunya)
Semoga membantu.

Post a Comment

 

My Blog List

Site Info

All about my activities, thoughts, inspiration, ideas, and everything that happened around me. "The Way I see It"

Text

Hary Dot Com Copyright © 2010 BlackWood is Designed by Hary Purnomo for Free Blogger Template