3/28/2010

Blogger Tips: WordPress Page Number

Hallo Bloggers, tentu sudah familiar dengan istilah Page Number kan ?
Yup, dengan fasilitas Page Number, kita bisa membagi web blog kita dalam beberapa halaman, sehingga tidak scrolling terlalu panjang kebawah.

Kali ini yang akan aku bahas adalah bagaimana membuat/meng-enable-kan page number pada blog yang menggunakan WordPress.

Sejatinya, sangat sederhana untuk menampilkan page number pada blog kita. Cukup dengan menginstall plugins WP Page Numbers pada blog WordPress kita. Yup, nama plugins-nya adalah WP Page Numbers, by Jens Törnell. Plugins nya dapat kalian jumpai pada website berikut : http://www.jenst.se/2008/03/29/wp-page-numbers. Sampai saat artikel ini saya tulis, saya menggunakan WP Page Numbers Versi 0.5 (belum saya jumpai versi selanjutnya, tapi kalau sudah release, tolong kasih tau aku ya.
Setelah plugins nya diinstall, silakan diaktifkan. Dengan settingan standar, page number yang akan muncul pada blog WP kalian akan seperti berikut :
Sudah puas ? Jangan dulu.
Nih aku kasih lihat contoh page number yang sudah di"permak" untuk tampil lebih ok :D
Lebih ok kan ?
Nah gimana tuch caranya melakukan hal diatas ?
Here they are :
1. Set plugins WP Page Number-nya pada halaman wp-admin kalian, tepatnya pada tab Settings yang biasanya ada dibagian kiri bawah

2. Kalau setting tersebut masih kurang memuaskan, silakan setting manual dari langkah pertama tadi dengan mengedit 2 file css yang digunakan dalam tampilan page numbernya, yaitu : style.css dan wp-page-numbers.css. Untuk file css yang kedua (wp-page-numbers.css) letaknya ada di folder theme dari WP Page Number nya, sebagai contoh : /public_html/wp-content/plugins/wp-page-numbers/tiny (saya menggunakan theme 'tiny' untuk page numbernya).

ps: bagi saya, untuk urusan edit html ataupun css, lebih enakan menggunakan Firebug :D.
Bagi yang belum tau apa itu Firebug, silakan baca posting saya ini :  Firebug.
For me, editing got easier when I use Firebug ^_^

Sebagai contoh hasil penerapan Page Number dan hasilnya, bisa dilihat pada webku yang lain ini : Travian Hint.
Selamat mencoba,
dan apabila ada yang ingin share atau bertanya soal fitur page number ini, silakan isi komentar dibawah ini ya.

0 comments:

Post a Comment

 

My Blog List

Site Info

All about my activities, thoughts, inspiration, ideas, and everything that happened around me. "The Way I see It"

Text

Hary Dot Com Copyright © 2010 BlackWood is Designed by Hary Purnomo for Free Blogger Template